Kamis, 03 Oktober 2013

Uban Usia Muda?


Saat usia sudah menua, pada umumnya beberapa bagian tubuh seperti rambut mengalami penuaan. Organ yang sering disebut sebagai ‘mahkota wanita’ ini bisa mengalami perubahan warna menjadi putih atau keabuan bahkan di usia yang relatif muda. Uban terjadi karena folikel rambut sudah berhenti memproduksi melanin yang mana memberi warna pada rambut Anda.

Ada beberapa orang yang bahkan masih menginjak umur 20-an sudah mengalaminya. Namun ada pula orang-orang yang baru memiliki uban saat menginjak umur 50-an. Faktor pertama ialah genetik atau keturunan. Gen dalam diri Anda mempengaruhi produksi melanin. Jika kedua orang tua Anda mendapati uban di usia muda, maka besar kemungkinan Anda pun bisa mengalaminya.
Faktor kecukupan nutrisi di dalam tubuh bisa mempengaruhi seberapa cepat Anda beruban. Bila Anda beruban di usia muda, bisa jadi karena tubuh kekurangan vitamin B terutama vitamin B-12. Tubuh yang sulit menyerap vitamin ini bisa menyebabkan rambut cepat memutih. Faktor lainnya ialah dari gaya hidup yang tak sehat contohnya merokok. Seorang dokter, Dr. J. G. Mosley melakukan studi pada pasien di Leigh Infirmary di Inggris tahun 1996. Ia menemukan bahwa survey-nya menunjukkan para perokok aktif banyak yang mengalami uban di usia yang muda. Selain itu kelenjar thyroid yang bermasalah pun memiliki andil sebagai pemicunya. Saat kelenjar tersebut tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup maka Anda bisa mengalami gangguan kesehatan yang disebut hypothyroidism. Menurut University of Michigan Health System, gangguan kesehatan tersebut dapat menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya.


Mencegah dah menghilangkan rambut beruban di usia muda salah satunya bisa berawal dari makanan bernutrisi yang kaya vitamin B-12. Kandungan kacang kedelai yang kaya akan vitamin tersebut bisa dijadikan alternatif alami yang nikmat. Makanan seperti tahu, tempe, dan miso bisa menjadi pilihan. Anda pun dapat meminum susu kedelai. Di samping itu, menghentikan kebiasaan merokok akan jauh lebih baik. Tak ada salahnya pula untuk mengkonsultasikan kondisi tubuh Anda ke dokter terpercaya untuk mengetahui kondisi tubuh lebih lanjut.

Sumber:
http://www.webmd.com/beauty/hair-nails/abcs-premature-graying
http://www.livestrong.com/article/167294-what-causes-white-hair-at-a-young-age/
http://www.livestrong.com/article/449142-what-plants-provide-vitamin-b12/
Terapi kedelai. Earl Mindell R. Ph. Ph.D. Hal 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar