Kamis, 03 Oktober 2013

Cacar Air Tak Cuma Sekali


INILAH.COM, Jakarta- Jika sudah sekali kena cacar air maka tidak akan kena cacar lagi? Sayang itu hanya mitos. Cacar bisa kembali menyerang apalagi jika sistem imunitas sedang menurun.
"Jika sudah kena cacar air maka tidak akan kena lagi, itu nggak juga. Jika saat itu sistem kekebalan sedang menurun dan di lingkungan sekitar ada yang kena cacar, maka bisa saja orang yang sudah pernah kena cacar air ia kena lagi," terang dokter Ratna Kumalasari dalam acara diskusi Cegah Cacar Air dengan Sistem Imun Tubuh yang Kuat yang diselenggarakan KidZania bersama Stimuno di KidZania Jakarta, Sabtu (28/9).
Dokter Ratna menjelaskan, cacar air bisa menyerang kembali saat dewasa dikarenakan virus varisela zoster, virus penyebab cacar air masih tersimpan pada sumsum tulang belakang dalam bentuk dormain atau tidak aktif.
 
Virus simpanan ini terjadi pada semua orang yang sudah terkena cacar air yang pertama.
Namun ketika ini terinfeksi kembali, dokter Ratna mengatakan, ini tidak bisa dikatakan sebagai cacar air melainkan herpes zoster.
"Jadi waktu kecil dikatakan sebagai cacar air, jika ini muncul kembali setelah dewasa ini dinamakan herpes zoster, jadi beda serotype-nya," jelas dokter yang selain membuka praktek di rumahnya sejuga berprofesi sebagai Information Manager PT Dexa Medica ini.
Dokter Ratna mengatakan, seringkali orang menyalahartikan herpes zoster sebagai cacar air. Meski memiliki bentuk sama yaitu berupa bintil-bintil atau kulit yang melenting, namun ini tetap memiliki perbedaan.
"Kalau cacar air muncul di seluruh permukaan tubuh, kalau herpes zoster biasanya muncul hanya di beberapa bagian tubuh dan sifatnya bergerombol," katanya.

Ratna menjelaskan, kedua jenis penyakit ini erat kaitannya dengan sistem imunitas tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh sedang menurun maka virus varisela akan mudah sekali menginfeksi. Apalagi jika di lingkungan sekitar ada yang mengalami cacar.
Jika saat masih kecil kekebalan tubuh dalam kondisi selalu baik maka bisa saja cacar air tidak menyerang. Sebaliknya ada yang orang yang sudah dewasa baru terkena cacar air.
"Karena orang dewasa mungkin kekebalan tubuhnya sudah mulai menurun, maka bisa saja ini baru menyerang saat dewasa," kata dokter yang mengaku belum pernah terkena cacar air ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar