Jumat, 04 Oktober 2013

Piala Dunia 13 (1986)



Negara Mexico menjadi tuan rumah dalam piala dunia 1986 setelah menggantikan Kolombia yang mengundurkan diri sebagai tuan rumah, dalam keputusan melalui pemungutan suara yang dilakukan oleh FIFA pada tangggal 20 Mei 1983 di Zurich, Swiss. Dan ini menjadi kali kedia bagi Mexico menjadi tuan rumah dalam pertandingan piala dunia yaitu pada tahun 1970.

Pengunduran Kolombia sebagai tuan rumah dalam piala dunia 1986 disebabkan karena negara tersebut belum mampu dalam memenuhi segala persyaratan yang telah ditetapkan oleh FIFA, dan juga karena adanya konflik internal serta krisis ekonomi yang sedang terjadi di negara tersebut.

Segala bentuk peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku tidak jauh berbeda dengan piala dunia pada empat tahun sebelumnya. Kejuaraan piala dunia 1986 dimenangkan oleh Argentina saat melawan Jerman Barat dengan skor 3-2 yang dilaksanakan di Azteca. Ini merupakan ke dua kalinya bagi Argentina dalam memenangkan piala dunia, yang sebelumnya pada tahun 1978 Argentina berhasil menjadi juara sekaligus sebagai tuan rumah dalam perhelatan tersebut.



Tahun pelaksanaan FIFA yang bertepatan dengan peringatan Tahun Perdamaian Internasional yang dinyatakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, membuat FIFA menambahkan gambar dan kata-kata sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap tahun perdamaian tersebut dengan memberikan slogan Dunia Disatukan Oleh Bola.

Penyelenggaran pertandingan dalam turnamen piala dunia 1986 tersebut dilaksanakan pada 12 stadion yang berada di kota Mexico, dengan rata-rata stadion mempunyai kapasitas antara 35.000 sampai dengan 45.000 penonton. Hanya tiga stadion yang mempunyai kapasitas antara 60.000 sampai dengan 11.000 penonton, Stadion Aczeta merupakan satu dari sekian banyak stadion di Mexico yang mempunyai kapasitas lebih besar dan menjadi tempat dalam pertandingan final antara Argentina dan Jerman Barat.

Diego Maradona asal klub Artgentina tersebut terpilih menjadi pemain terbaik dalam turnamen piala dunai 1986, sedangkan Gary Lineker dari klub Inggris tepilih sebagai pencetak gol terbanyak dengan total gol sebanyak 6 kali.


Tentunya masih banyak lagi pemain-pemain sepak bola tersebut yang mendapatkan gelar yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, namun untuk hal tersebut akan mempunyai banyak versi menurut penilaian masing-masing organisasi ataupun secara individual.


Maskot yang menjadi pilihan untuk piala dunia 1986 adalah Pique yang digambarkan dengan sosok paprika hijau yang menjadi salah satu ciri khas masakan Mexico, yang menggunakan kostum tim nasional Mexico dengan menggunakan topi khas Negara tersebut.


Bola yang digunakan dalam pertandingan tersebut dibuat oleh Adidas, tentunya dengan kualitas dan standarisasi yang telah ditetapkan oleh FIFA. Logo dari piala dunia 1986 adalah sebuah bola yang diapit oleh dua peta dunia tempat Negara peserta yang ikut serta dalam kompetisi tersebut, dan bertuliskan Mexico 86 yang mengartikan Mexico sebagai tuan rumah dalam piala dunia 1986.

Walaupun Mexico sempat terkena bencana alam dengan gempa berkekuatan 8,1 skala richter dan memakan banyak korban, serta rusaknya infrastruktur seperti gedung-gedung termasuk stadion yang akan digunakan dalam perhelatan piala dunia 1986 namun pada akhirnya Mexico mampu mempersiapkan turnamen tersebut tepat pada waktunya.

Sempat timbul dkeraguan dalam hal melakukan persiapan piala dunia 1986, karena dampak gempa yang sedemikian hebatnya membuat Mexico harus banyak melakukan pembenahan di berbagai bidang. Dan hal tersebut tentunya tidak lepas dari peram pemerintah Mexico yang ingin tetap memberikan yang terbaik untuk negaranya dan turnamen bergengsi FIFA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar