Jumat, 04 Oktober 2013

Piala Dunia 10 (1974)

 

Pada tanggal 7 Juli 39 tahun silam, di stadion Olimpiade di Munich, terjadi laga bersejarah antara Belanda dan Jerman Barat di partai puncak final Piala Dunia 1974.


Piala Dunia 1974 merupakan pagelaran Piala Dunia kesepuluh, di mana perhelatan tersebut dilangsungkan di Jeman Barat.
Dua tim yang menjadi finalis adalah Belanda dan Jerman. Di laga ini juga mempertemukan dua legenda sepakbola dunia, Johan Cruyff dan Franz Beckenbauer.
Laga tersebut juga dimulai terlambat dari jadwal. Gara-garanya adalah ofisial lapangan lupa memasang bendera sudut lapangan, setelah sebelumnya dilangsungkan acara penutupan turnamen.
Saat pertandingan dimulai, Cruyff sudah memberikan ancaman dengan solo run, yang memaksa Uli Hoeness menjatuhkannya di kotak penalti Jerman. Hadiah penalti pun diberikan dan Johan Neeskens menjalankan tugasnya dengan baik.


Pemain Jerman Barat berusaha membalas dan usaha mereka membuahkan hasil di menit 25, juga lewat titik putih penalti.
Penalti diberikan setelah Bernd Holzenbein dilanggar di kotak penalti Belanda. Paul Breitner yang menjadi eksekutor tak kesulitan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.


Dua penalti tersebut menjadi yang pertama terjadi di final Piala Dunia.
Jerman terus menekan dan berujung pada gol kedua pada menit 43. Gerd Muller menjadi pencetak gol, yang kemudian gol tersebut menjadi yang terakhir dalam karirnya bersama tim nasional Jerman Barat, karena setelah turnamen yang bersangkutan memilih pensiun.


Saat jeda pertandingan, Cruyff mendapat kartu kuning dari wasit karena terus mendebat wasit saat berjalan menuju ruang ganti.
Di babak kedua, banyak tercipta kesempatan bagi kedua tim untuk kembali mencetak gol. Muller berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut, namun kemudian dianulir karena dianggap dalam posisi offside.

Di menit 85, Holzenbein terjatuh di kotak terlarang, tapi wasit Jack Taylor dari Inggris tak memutuskan ada penalti.
Jerman pada akhirnya bisa mempertahankan skor 2-1 hingga laga tuntas dan menjadi juara dunia.


sumber
http://www.goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar